Dampak Otonomi Daerah Terhadap Politik Etnisitas: Upaya Mengantisipasi Gejolak Konflik

Syafrizal Syafrizal

Sari


Otonomi daerah sejak digulirkan sampai sekarang telah ditafsirkan dalam berbagai sudut pandang, bergantung dari kelincanhan seseorang atau kelompok di dalam memaknainya. Salah satu kelompok yang memiliki kelincahan pemikiran itu adalah kaum akademisi. Tulisan ini ingin menjelaskan dampak otonomi daerah terhadap etnisitas, kaitannya dengan antisipasi terjadinya konflik sosial. Tulisan ini sesungguhnya sari dari hasil seminar yang diselenggarakan oleh LAB FISIP UMSU khususnya bagi pada Doktor yang baru pulang dari studi diberbagai Perguruan Tinggi baik dalam dan luar negeri. Sebagai hasil penelitian, tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif, melihat secara langsung berbagai fenomena yang terjadi di lapangan. Tulisan ini memperoleh temuan bahwa titik kelemahan otonomi daerah yang dilaksanakan sekarang ini diduga terletak kepada kedangkalan pemaknaan makna otonomi daerah oleh masyarakat suatu daerah yang diserahi otonomi. Penyerahan otonomi daerah dimaknai sebagai penyerahan kekuasaan secara utuh, dengan mengabaikan kebersamaan dalam satu negara NKRI, atau mengurangi sukatan hidup di atas keberagaman.

Kata Kunci


Otonomi daerah; politik etnisitas; gejolak konflik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Mulyadi: 2013. http://www.artikelsiana.com/2015/08/pengertian-perubahan-sosial-teori-bentuk-dampak.html Pengertian Perubahan Sosial, Teori, Bentuk, Dampak & Faktor Penyebabnya Secara Umum, Pengertian Perubahan Sosial.

http://www.artikelsiana.com/2015/08/pengertian-perubahan-sosial-teori-bentuk-dampak.html

Amaral Sjamsu, 1960, dan Heeren, 1979, Tujuan Pembangunan Transmigrasi Di Indonesia.

Astrid S. Susanto. 1999. Sosiologi Pembangunan. Jakarta: Bina Cipta.

Barth, F. 1969. Ethnic Groups and Boundaries. Dlm. Nining. L. Soesilo. 1988 (pnyt). Kelompok Etnik dan Batasannya, Tatanan Sosial dari Perbedaan Kebudayaan. Jakarta: Universiti Indonesia Press.

Chin Yaw. 2017, Politik dan Politik Etnik, http://www.academia.edu/6329141/Politik_and_politik_etnik

Dedi Firmansyah, 2010, Fredrik Barth. 1969, Politik dan Politik Identiti. http://digilib.uin-suka.ac.id/4445/

Harjono, Joan. 1982. Transmigrasi, Dari Kolonisasi Sampai Swakarsa, Jakarta: Gramedia.

Heeren, H. J. 1979. Transmigrasi Di Indonesia. Dlm. Rukmadi. Warsito. et. al 1984. Transmigrasi Dari Daerah Asal Sampai Benturan Budaya Di Tempat Pemukiman. Jakarta: CV. Rajawali.

Koentjaraningrat,1987, Sejarah Teori Antropologi I. Jakarta: Universitas Indonesia.

Michael Putra. 2016, dan Agus Mulyadi. (2013) Otonomi Daerah – Pengertian, Tujuan, Asas, Prinsip, Manfaat, Makalah.

Mohamad Fauzi Sukimi. 1999. Transmigrasi Sebagai Suatu Proses Penanaman Budaya: Satu Kajian Tentang Hubungan Minoriti-Majoriti dalam Konteks Pembangunan Politik di Indonesia. Bangi: Universiti Kebangsaan Malaysia.

Meriam Budiardjo, Dasar-dasar Ilmu Politik, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 2006

Sztompka, Piotr, Sosiologi Perubahan Sosial (alih bahasa oleh Alimandan), Prenada Media, Jakarta: 2005

Sayanda. 2013, Pengertian, Tujuan, Asas, Prinsip, Manfaat, Makalah https://www.sayanda.com/otonomi-daerah/ Otonomi Daerah –Pengertian, Tujuan, Asas, Prinsip, Manfaat, Makalah.

Shamsul Amri Baharuddin. 2007. Modul Hubungan Etnik, Shah Alam: Pusat Penerbitan Universiti (UPENA). Universiti Teknologi MARA

Syafrizal 2016, PhD Thesis (Disertasi), Perubahan Sosio-Budaya, dan Ekonomi Orang Ocu: Kesan Kesan Program Tarnsmigrasi Di Indonesia, Universiti Kebangsaan Malaysia, Bangi, Selangor.

Thung Ju Lan. 2006. Redefinisi Etnisitas Dalam Konteks Kebudayaan Nasional (http://nusantaranews.co/pilkada-dki-2017-diwarwani-politik-etnisitas-dan-aliran/

Widiantoro. 2013. (Holmes. 2001), Konsep Etnisitas, https://widiyantoroagungpbsi05.wordpress.com/2013/04/25/etnisitas-dan-jaringan-sosial/


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN No: 2338-512X
e-ISSN No: 2477-619X

Supported by :


Jurnal Online
Management Jurnal Elektronik



Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia




Indexed by :